Puasa Adalah Seperempat dari Iman


Quote of the week, puasa
Quote of the week

Menurut Al Ghozali puasa adalah seperempat dari iman. 


Walaupun semua ibadah itu utama, namun posisi puasa lebih utama dan mulia jika dibandingkan dengan ibadah lainnya bila dipandang dari dua sisi : 


1. Bahwa puasa adalah amalan menahan dan meninggalkan dalam diri seseorang, yang mana tak ada gerak-gerik yang nampak dan bisa dilihat kecuali hanya oleh Allah Swt. Sedangkan semua amalan ta`at bisa dilihat oleh orang lain yang biasanya akan menimbulkan sifat riya. 


2. Bahwa puasa adalah menundukkan Setan sebagai musuh Allah Swt, sebab syahwat yang nota bone sebagai alat utama iblis dalam mengganggu bani adam, hanya bisa menguat dan menggunung dengan makan dan minum, dan puasa adalah menahan kedua-duanya. Dalam sebuah hadist dikatakan  "keleluasan setan dalam beroperasi pada manusia hanya bisa dipersempit dengan lapar".


Tentang mengapa puasa disebut seperempat keimanan, al-Manawi menjelaskan,


لأن الصبر حبس النفس على ما أمر الله أن يؤديه والصوم حبسها عن شهواتها وهي مناهي الله فمن حبس نفسه عنها فهو آت بنصف الصبر فإن صبر على إقامة أوامره فقد أتى بكمال الصبر


“Sebab sabar adalah mengekang diri berdasakan apa yang Allah perintahkan. Sementara puasa, adalah mengungkung jiwa dari syahwat-syahwat yang berupa larangan-larangan Allah. Barang siapa yang menahan diri dari syahwa-syahwat itu, dialah orang yang telah beroleh separuh kesabaran. Dan jika ia juga bisa bersabar dalam melakukan perintah-perintah Allah, sungguh dia telah mencapai kesabaran yang utuh.” (al-Manawi, Faidh al-Qadir, 3/282).

Post a Comment