Kaprodi AFI FUSA jadi Pelopor Moderasi Beragama

Foto bersama (Sumber: Dokumentasi acara Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama) 

lajurinfo.my.id,- UIN Imam Bonjol Padang  ditunjuk oleh Pendidikan Islam Kementerian Agama RI sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) kegiatan "Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama". Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Truntum Padang, 9-13 Desember 2022, yang diikuti 42 orang peserta dari berbagai Perguruan Tinggi Islam di Indonesia.


"Menurut M. Taufik, Ketua Pelaksana dan Ketua Rumah Moderasi Beragama UIN Imam Bonjol Padang, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penguatan  tentang konsep, paradigma, dan sikap hidup moderat dalam beragama di negara Indonesia nan kaya dengan khazanah budaya, bahasa, agama, dan local wisdom." Ujar Kaprodi dalam wawancara.


Di antara narasumber kegiatan ini adalah Lukmanul Hakim Saifuddin (LHS), beliau adalah mantan mentri agama Indonesia masa presiden Susilo Bambang Yudoyono (SBY) sekaligus, pendiri Moderasi Beragama. 


Menurut Amril, Kaprodi AFI FUSA, pasca mengikuti Orientasi Pelopor Penguatan Moderasi Beragama, agama nan ada di Indonesia mempunyai aspek  esoterik dan perennial yang mengandung nilai kemanusian, kemaslahatan hidup bersama dan taat pada konstitusi negara. Pada aspek ini sikap moderasi beragama niscaya diaktualkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sedangkan pada aspek eksoterik agama terdapat khilafiyah dalam memahaminya. Pada aspek ini  kita niscaya bersikap toleran untuk saling menghargai perbedaan pemikiran. Perbedaan pemikiran bukan untuk perpecahan,  kebencian dan tindakan anarkis, tetapi untuk memperkuat moderasi beragama dan membumikan toleransi beragama, ujar beliau dalam wawancara.


Jurnalis : Muhammad Suhail

Post a Comment