INOVASI AI (ARTIFICIAL INTELLIGENCE) SEBAGAI SOLUSI DALAM MENGATASI KESEHATAN MENTAL


Oleh: Nur Manna

MAHASISWI AQIDAH DAN FILSAFAT ISLAM, UIN IMAM BONJOL PADANG 


Latar Belakang

Di era digital sekarang, permasalahan kesehatan terus menjadi permasalahan utama. Salah satu masalah kesehatan tersebut yang menjadi fokus dari global selama ini adalah permasalahan kesehatan mental. Kesehatan mental merupakan bagian penting dari kesehatan secara keseluruhan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan mental sebagai bentuk dari keadaan damai, di mana seseorang menyadari kemampuannya, mampu mengatasi tekanan hidup secara baik dan normal, mampu bekerja secara produktif dan terlibat dengan komunitas lain (WHO),2015).


Namun, lingkup kesehatan belum bisa menggubris kejadian gangguan jiwa ternyata jumlah orang gangguan jiwa masih tergolong banyak di Indonesia. Hal ini, menerbitkan adanya ketakseimbangan dan kesenjangan sosial. Gangguan jiwa muncul apabila terjadi gangguan dalam norma, pikiran, dan perasaan, sehingga menerbitkan isyarat atau deformasi norma yang melahirkan penderitaan. Gangguan jiwa yang berat bisa menurunkan daya produktivitas seorang orang sakit (Setiawan dkk., 2021)


Apabila ditelaah lebih mendalam, penyebab yang menerbitkan gangguan jiwa yang paling utama yaitu dalam persoalan ekonomi, dan perkembangan zaman serta teknologi. Ketika rasa percaya diri mereka hilang, misalnya ketika mereka menganggur (kehilangan pekerjaan), mengalami kemiskinan, putus sekolah, dan banyak konten di media sosial yang menampilkan hedonisme, bahkan membuat mereka tidak percaya diri. Sehingga ketika rasa percaya diri hilang, mereka menjadi depresi, mengalami kecemasan dan sulit tidur. Hal inilah yang menjadi penyebab terjadinya penyakit kesehatan jiwa (psychiatric disease).


Seiring berjalannya waktu, media massa dengan bantuan internet berhasil menciptakan jaringan baru yang umumnya dikenal dengan media sosial. Internet yang muncul hampir di mana-mana di dunia merupakan fenomena besar yang keberadaannya telah mempengaruhi aktivitas masyarakat modern dengan caranya sendiri. Seperti kita ketahui, media sosial merupakan media online dimana penggunanya dapat melakukan pencarian informasi, komunikasi dan pertemanan dengan segala layanan dan aplikasi yang disediakannya seperti AI (Artificial Intelligence) blog, facebook, twitter, nstagram dan lainnya.


Ide Inovasi Sosial

Terpaut dengan latar balik serta upaya bermacam pihak dalam tingkatkan kesehatan mental warga serta anak muda di Indonesia. Pemecahan yang diterapkan merupakan berbentuk media bimbingan langsung kepada warga spesialnya generasi muda, mengajak pelajar buat menunjang terciptanya kesehatan mental untuk generasi penerus bangsa. Media bimbingan bisa jadi platform yang menghubungkan pengidap kendala kesehatan jiwa dengan penasihat kesehatannya, platform berbentuk aplikasi yang jadi wadah buat menenangkan diri serta mengobati diri.


Teknologi kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) menjadi topik yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Kecerdasan buatan telah menyebar ke beberapa industri, termasuk sektor kesehatan. Kecerdasan buatan dalam perawatan kesehatan atau AI untuk kesehatan (AI for health) telah memberikan banyak manfaat bagi para profesional kesehatan, peneliti, dan pasien. Misalnya saja nasihat gaya hidup sehat berdasarkan informasi kesehatan pribadi.


Menganalisis data tentang aktivitas, pola makan, dan faktor terkait kesehatan lainnya untuk memberikan rencana gaya hidup sehat yang dipersonalisasi untuk setiap individu. Misalnya saja menganjurkan jenis olahraga, asupan kalori, dan jenis makanan untuk menurunkan berat badan atau mengontrol kolesterol. Rekomendasi dibuat berdasarkan profil kesehatan dan genetik setiap orang. Secara totalitas, teknologi AI sudah bawa banyak khasiat untuk industri kesehatan.


Dengan terus berkembangnya kecerdasan buatan, kedudukan kecerdasan buatan dalam mendiagnosis penyakit, membagikan penyembuhan individual, serta menolong petugas kesehatan hendak terus menjadi tumbuh di masa depan. Tetapi, interaksi manusia sangat berarti buat kesehatan serta keselamatan penderita. Maka dalam hal ini dapat kita menggunakan teknologi AI dalam mengatasi gangguan mental, AI ini meski merupakan hasil dari teknologi namun dapat digunakan secara pribadi dan komunitas, dimana dengan membentuk suatu komunitas dengan memakai AI untuk mengatasi gangguan mental, akan menciptakan suatu komunitas yang sehat.


Rencana Implementasi

Salah satu tantangan sangat berarti buat menuntaskan krisis ini merupakan minimnya tenaga handal kesehatan mental. Di banyak belahan dunia, warga mengalami hambatan dalam mengakses layanan kesehatan yang pas waktu serta pas sebab kelangkaan ini. Pemecahan kesehatan mental berbasis Angkatan laut(AL) serta platform kesehatan mental berbasis Angkatan laut(AL) muncul selaku perlengkapan transformatif buat menjembatani kesenjangan antara permintaan hendak layanan kesehatan layanan kesehatan mental serta terbatasnya pemberian layanan oleh para handal.


Dengan menggunakan mungkin kecerdasan buatan buat layanan kesehatan mental, dunia bisa tumbuh buat merespons tantangan yang terdapat dengan lebih baik. Kemajuan teknologi ini bisa mendemokratisasi layanan kesehatan mental serta membenarkan kalau warga di segala dunia memiliki akses terhadap sokongan serta sumber energi yang pas waktu, apalagi kala tenaga handal kesehatan mental terbatas. Dalam kombinasi dinamis antara kecerdasan buatan dan kesehatan mental, kemajuan transformatif mengubah cara kita mendekati dan mengelola kesejahteraan psikologis. Bidang kesehatan mental menawarkan peluang baru untuk deteksi dini, intervensi individual, dan dukungan dimana dapat dilakukan.


Deteksi dini dengan pembelajaran mesinKecerdasan buatan berperan penting dalam deteksi dini potensi masalah kesehatan mental. Dukungan diagnostik dengan pemrosesan bahasa Terapi Realitas Virtual untuk Trauma dan kecemasan. Rencana perawatan yang dipersonalisasi menggunakan analisis data. Pendidikan kesehatan mental yang didukung oleh teknologi Alat pembelajaran yang didukung oleh teknologi mengubah kesadaran akan kesehatan mental dan penyebaran informasi. Chatbot berbasis Al memberikan informasi yang dapat diakses, strategi mengatasi masalah, dan sumber daya swadaya bagi orang-orang yang mencari bimbingan. (Binariks, 2023)


Harapan Jangka Panjang 

Potensi dinamis kecerdasan buatan di bidang kesehatan perilaku menjanjikan perubahan di masa depan. Dengan intervensi yang dipersonalisasi, aksesibilitas global, dan dukungan proaktif, Al adalah tanda masa depan di mana teknologi dan empati mensinergikan kesehatan mental, menggunakan kecerdasan buatan untuk kesehatan mental. Kombinasi Al dengan teknologi baru seperti realitas virtual. (VR) dan perangkat seluler akan semakin memperkuat tren ini.


Pengalaman VR yang imersif memungkinkan terapi pemaparan, sementara perangkat wearable yang terintegrasi dengan kecerdasan buatan memungkinkan perawatan diri yang proaktif. Kombinasi teknologi ini memberikan contoh pendekatan holistik dan efektif terhadap perawatan kesehatan mental dan menyoroti peran penting kecerdasan buatan dalam meningkatkan kesejahteraan. Maka penggunakan AI dengan cerdas sangat diharapkan agar dapat menciptakan kesejahteraan dan kedamaian dunia. Dengan adanya AI ini semoga menjadi solusi bagi kita semua dan dapat digunakan dan diperbaharui seiring perkembangan zaman agar dapat selalu bermanfaat bagi umat manusia.


Editor: nona_aksara


Post a Comment